Cara Membeli Produk Teknologi yang Tahan Lama

100 Cool Tech Gadgets in 2021 - Best Tech Products You Need

Saat kita membeli gadget terbaru akhir-akhir ini, kita jarang berasumsi bahwa itu akan bertahan lama. Kami berharap untuk memainkan konsol video game hanya selama perusahaan membuat game untuknya. Kami berharap untuk menggunakan smartphone atau laptop selama baterai memiliki daya atau hingga tidak dapat lagi menjalankan perangkat lunak penting.

Pada titik tertentu, kami merasa harus meningkatkan. Kita harus memiliki kamera terbaru dan terhebat. Kita harus memiliki aplikasi yang bekerja lebih cepat. Kita harus memiliki layar yang lebih cerah. Inilah masalahnya: Ini semua adalah perbuatan profesional pemasaran, yang masuk ke alam bawah sadar kita. Kenyataannya adalah bahwa barang elektronik konsumen, seperti ponsel, komputer, atau tablet Anda, dapat bertahan selama bertahun-tahun. Hanya perlu beberapa penelitian untuk mendapatkan teknologi yang akan bertahan lama. Latihan ini akan menjadi semakin penting dalam resesi yang dipicu pandemi, yang telah memaksa banyak dari kita untuk memperketat pengeluaran kita.

Memilih teknologi secara strategis dengan umur simpan yang lebih lama tidaklah intuitif. Ini melibatkan penilaian seberapa mudah atau tidak untuk memperbaiki produk tertentu dan menentukan kapan masuk akal untuk menginvestasikan lebih banyak uang. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan untuk jangka panjang.

Lain kali Anda berbelanja produk elektronik, cobalah latihan ini: Sebelum membelinya, cari tahu apakah Anda atau seorang profesional dapat dengan mudah memperbaikinya. Jika demikian, maka lakukanlah. Jika terlalu sulit, buatlah umpan yang sulit.

Beberapa pendekatan untuk menilai apakah sebuah gadget dapat diperbaiki secara langsung:

  • Lihat iFixit, situs web yang menawarkan petunjuk tentang perbaikan gadget. Untuk beberapa produk, situs tersebut membongkar gadget dan melakukan analisis tentang kemudahan perbaikannya. Apple iPhone SE, misalnya, memiliki skor perbaikan 6 dari 10 (10 adalah yang paling mudah diperbaiki), sehingga bisa menjadi perangkat yang layak dipertimbangkan untuk jangka panjang.

  • Periksa apakah teknisi lokal dapat memperbaiki perangkat. Banyak teknisi memiliki suku cadang dan kemampuan untuk memperbaiki ponsel populer seperti perangkat iPhone dan Samsung Galaxy. Tetapi jika Anda ingin membeli handset dari merek yang kurang populer, seperti OnePlus atau Motorola, ada baiknya menelepon dulu untuk mengetahui apakah ada yang bisa memperbaikinya jika terjadi kesalahan.

  • Cari tahu apakah ada komunitas peminat. Terkadang tidak ada pemecah masalah lokal yang dapat membantu dengan suatu produk, tetapi mungkin ada penggemar yang menulis panduan mereka sendiri yang dapat Anda ikuti. Meskipun Anda mungkin tidak dapat menemukan seseorang untuk memperbaiki sikat gigi elektrik Philips Sonicare yang sudah tidak bergaransi, terdapat petunjuk tentang cara menyervisnya di iFixit.

Salah satu indikator paling jelas dari daya tahan produk adalah apakah baterainya dapat diganti. Gadget yang bekerja tanpa kabel didukung oleh baterai lithium-ion, yang hanya dapat diisi beberapa kali sebelum rusak.

Untungnya, sebagian besar ponsel dan laptop memiliki baterai yang dapat diganti oleh para profesional. Tetapi produk yang lebih kompak memiliki komponen yang direkatkan dan ditutup rapat, sehingga baterainya tidak dapat diganti. Earphone nirkabel seperti Apple’s AirPods dan Bose’s QuietComfort 35 adalah contoh produk populer dengan baterai yang tak tergantikan. Setelah baterai mati, Anda harus membeli sepasang yang baru.

Jadi, jika Anda membeli sesuatu dengan baterai – termasuk bingkai foto digital, kamera keamanan nirkabel, dan speaker Bluetooth – lakukan penelusuran web untuk melihat apakah baterai dapat diganti. Jika tidak, pertimbangkan itu sekali pakai.

Seperti peralatan rumah tangga, produk teknologi memiliki tingkat kegagalan – rasio kerja terhadap unit yang rusak. Tarif ini dapat memberi Anda gambaran tentang keandalan suatu merek.

Laporan Konsumen, terkenal karena menerbitkan peringkat keandalan untuk peralatan rumah tangga, mengumpulkan data keandalan serupa untuk ponsel cerdas, laptop, tablet, TV, dan printer dengan melakukan survei kepada pelanggan yang memiliki produk tersebut.

Orang cenderung memiliki lebih banyak masalah dengan produk yang memiliki bagian yang bergerak, seperti printer dengan kartrid tinta, dibandingkan dengan elektronik seperti TV atau tablet, kata Jerry Beilinson, editor teknologi di Consumer Reports. Pencetak Brother bernasib baik dalam survei publikasi. Untuk ponsel, Apple dan Samsung memiliki peringkat keandalan yang kuat.

Tuan Lai dari Kolektif Pemecah Masalah merekomendasikan pendekatan akar rumput untuk menilai keandalan. Dia membaca forum web seperti Reddit untuk melihat apa yang dikatakan orang tentang suatu produk. Jika sejumlah besar pelanggan melaporkan masalah dengan perangkat, katanya, dia menghindari.

Aturan praktis lain yang perlu dipertimbangkan adalah berinvestasi lebih banyak pada suatu produk agar tahan lama. Itu tidak berarti Anda harus membeli ponsel atau komputer paling mahal di pasaran. Tapi itu berarti berinvestasi dalam konfigurasi yang akan membuat Anda lebih bahagia dalam jangka panjang, kata Nick Guy, staf penulis senior untuk Wirecutter , sebuah publikasi New York Times yang menguji produk.

Mari gunakan iPad sebagai contoh. Jika Anda menginginkan iPad , Anda dapat membayar $ 329 untuk model dasar dengan penyimpanan 32 gigabyte. Tapi mungkin ide yang lebih baik untuk menghabiskan $ 429 untuk model dengan penyimpanan 128 gigabyte – kapasitasnya empat kali lipat, yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan aplikasi, game, foto, dan video selama bertahun-tahun yang akan datang.

Karena banyak gadget modern, seperti smartphone dan tablet, kebanyakan tidak memiliki bagian yang bergerak, perangkat lunaknya berperan penting dalam menentukan umur panjangnya. Setelah perusahaan berhenti menyediakan pembaruan perangkat lunak ke perangkat, Anda dapat mengalami masalah, seperti aplikasi favorit Anda berhenti berfungsi dengan benar.

Di sinilah iPhone memiliki keunggulan atas Android. Setiap tahun, ketika Apple merilis sistem operasi baru untuk iPhone, itu biasanya berfungsi pada ponsel sejak lima tahun yang lalu. (Apple iOS 14 , akan dirilis musim gugur ini, akan mendukung iPhone 6S mulai 2015.) Itu berarti ketika Anda membeli iPhone, mungkin akan mendapatkan fitur baru dan peningkatan stabilitas setidaknya selama lima tahun.

Pengguna Android akan memiliki waktu yang lebih sulit. Biasanya, produsen menyediakan pembaruan perangkat lunak untuk perangkat Android selama dua atau tiga tahun.

Untuk menyiasatinya, pengguna Android mungkin beralih ke komunitas akar rumput. Untuk beberapa ponsel Android, kata Lai, ada penggemar yang menawarkan apa yang disebut ROM, atau sistem operasi yang dibuat khusus, yang dapat diinstal untuk menjaga agar perangkat lunak tetap mutakhir. Periksa situs web Pengembang XDA untuk melihat apakah penggerutu membuat perangkat lunak khusus untuk ponsel Android yang ingin Anda beli.

Banyak yang disebut gadget rumah pintar – peralatan biasa dengan sensor nirkabel dan koneksi internet – menawarkan manfaat yang menarik, seperti lemari es dengan kamera yang mengirimkan peringatan ke telepon kita saat air susu hampir habis.

Perlu diingat bahwa produk rumah pintar dapat menciptakan lebih banyak masalah daripada menyelesaikannya. Tempat sampah yang secara otomatis membuka tutupnya saat Anda melambaikan tangan di atasnya mungkin terasa ajaib, tetapi bergantung pada baterai dan komponen bergerak yang akhirnya aus. Semuanya kembali untuk membeli apa yang benar-benar Anda butuhkan. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *